kiamarket.com

komunitas kia farmasi indonesia

Tak perlu berdiam diri, berikut cara menghilangkan kerak dan lemak pada corong oven menggunakan 3 bahan sederhana

Corong oven merupakan salah satu bagian terpenting yang sering diabaikan.

Padahal sangat penting untuk menjaga performa dan kualitas kompor gas Anda. Bentuk dan desain kompor listrik dirancang untuk menyeimbangkan gas dan membuat nyala api stabil dan konsisten. Hal ini membuat proses memasak menjadi lebih efisien dan memastikan makanan matang dengan sempurna. Pada beberapa kasus, kompor listrik kerap mampet akibat kotoran dan bahan mudah terbakar. Penyumbatan ini menghalangi aliran gas dan menimbulkan nyala api yang tidak merata, sehingga dapat menimbulkan bahaya gas. Namun jika corong oven kotor atau berkerak sebaiknya segera dibersihkan. Karena jeruk nipis sangat keras, beberapa orang sering menggunakan buah jeruk untuk membersihkan kerak di kompor.

Membersihkan corong pembakar kompor.

bahan sederhana yang dimaksud adalah baking soda, sabun cuci piring, dan pasta gigi. Nah, sejumlah bahan ini tidak hanya ampuh untuk menghilangkan kerak, namun juga noda lemak membandel. Oleh karena itu, corong burner kompor bisa kinclong lagi setelah dibersihkan.


Untuk menggunakan bahan-bahan ini, kamu cukup menyiapkan mangkuk kecil terlebih dahulu. Setelah itu masukkan baking soda, pasta gigi, dan sabun cuci piring secukupnya. Jika sudah, aduk-aduk semua bahan tadi sampai tercampur rata.

Selanjutnya oleskan bahan pembersih tersebut ke seluruh bagian corong burner kompor yang berkerak. Agar bahan pembersihnya bisa meresap sempurna, diamkan dulu selama beberapa menit setelah dioleskan. Barulah kemudian gosok-gosok menggunakan sikat gigi bekas.


Jika sudah digosok, pastikan semua noda kerak dan lemaknya benar-benar luntur. Setelah itu, bilas corong pembakar kompor dengan air mengalir. Lalu lap atau jemur terlebih dahulu sampai kering, barulah kemudian pasang corong burner di badan kompor.


Nah, corong burner kompor yang sudah dicuci ini jadi tampak lebih kinclong. Selain membuat tampilan kompor jadi lebih nyaman dilihat, kondisi corong burner yang bersih juga bisa membuat proses memasak lebih maksimal. Hal ini disebabkan gas yang mengalir di corong burner lebih lancar sehingga api yang dihasilkan juga maksimal dan berkualitas.

Tips mengatasi api kompor tidak merata.

Kondisi api kompor yang tidak merata bisa menghambat proses memasak. Berikut sembilan tips mengatasi api kompor yang tidak merata:

1. Bersihkan lubang pembakar.Kadang-kadang, lubang pada pembakar (burner) bisa tersumbat oleh kotoran atau sisa makanan. Matikan kompor dan gunakan jarum atau sikat kecil untuk membersihkan lubang-lubang ini.

2.Periksa regulator gas.Pastikan regulator gas berfungsi dengan baik dan terpasang dengan benar. Regulator yang rusak atau tidak terpasang dengan baik dapat menyebabkan aliran gas tidak stabil.

3. Periksa selang gas.Periksa apakah selang gas bocor atau terlipat. Bocoran atau lipatan pada selang bisa menghambat aliran gas dan menyebabkan api tidak merata.

4. Sesuaikan katup udara.Beberapa kompor memiliki katup udara yang dapat disesuaikan untuk mengatur campuran gas dan udara. Jika katup udara terlalu terbuka atau terlalu tertutup, api bisa menjadi tidak merata.

5. Bersihkan pembakar dari minyak dan kotoran.Minyak dan kotoran yang menumpuk di pembakar bisa mengganggu aliran gas. Bersihkan pembakar secara rutin dengan sabun cuci piring dan air hangat, lalu keringkan dengan baik sebelum digunakan kembali.

6. Pastikan kompor berdiri rata.Kompor yang tidak berdiri datar bisa menyebabkan gas mengalir tidak merata ke pembakar. Pastikan kompor ditempatkan pada permukaan yang rata dan stabil.

7. Ganti pembakar yang rusak.Jika pembakar sudah terlalu tua atau rusak, mempertimbangkan untuk menggantinya. Pembakaran yang rusak dapat menyebabkan masalah pada distribusi api.

8. Gunakan bahan bakar berkualitas.Pastikan kamu menggunakan bahan bakar gas yang berkualitas baik. Bahan bakar yang kotor atau tercampur dengan kotoran dapat menyebabkan api tidak merata.

9. Panggil teknisi profesional.Jika setelah mencoba tips-tips di atas api kompor masih belum merata, mungkin ada masalah teknis yang memerlukan penanganan profesional. Panggil teknisi gas atau kompor untuk memeriksa dan memperbaiki masalah tersebut.Dengan mengikuti tips-tips berikut, Anda dapat memastikan api kompor tetap merata, yang tidak hanya meningkatkan efisiensi memasak tetapi juga menjaga keselamatan di dapur.