kiamarket.com

komunitas kia farmasi indonesia

Jangan Mencuci Pakai Sabun, Ini 1 Cara Dapur Menghilangkan Infeksi Jamur pada Nat dan Sendi

Banyak orang yang masih mengandalkan lesung dan alu untuk menggiling berbagai bahan masakan

Bahkan ada yang berpendapat bahwa rempah-rempah yang ditumbuk dalam lesung terasa lebih enak, namun menggunakan lesung bukannya tanpa masalah. Saat digunakan, mortar bisa retak, permukaan menjadi berpasir, dan bahkan jamur bisa terbentuk. Jika diperhatikan lebih dekat, Anda akan melihat bintik-bintik putih berjamur pada nat.

Usut punya usut, jamur di cobek disebabkan karena sisa-sisa bumbu masakan yang tidak dibersihkan secara maksimal. Kalau sudah telanjur berjamur, cobek nggak cukup dicuci pakai sabun cuci piring biasa karena bintik-bintik putih masih akan terlihat jelas

Cara membersihkan cobek dengan cepat cuma pakai satu bahan makanan.

Pengguna akun Instagram dideroom memilih untuk tak mencuci cobek dengan sabun cuci piring, melainkan pakai bahan dapur lain.


Warganet ini memilih langsung menaruh cobek ke wadah berisi air. Diamkan dan rendam cobek selama 1 1/2 jam.


 direndam selama 1 1/2 jam, tiriskan cobek. Lalu keringkan cobek serta ulekannya pakai kain lap bersih.Setelah bersih, tuang satu bahan dapur, yakni beras. Lalu ulek beras seperti biasa sampai mengenai seluruh permukaan atas cobek. Beras di sini dianggap bisa menggosok seluruh permukaan cobek dengan maksimal.


Setelah diulek, warna beras tampak berubah. Kalau awalnya putih bersih, beras jadi tampak kehitaman. Lalu bilas cobek dengan air mengalir.

Proses terakhir, rendam cobek pakai air hangat. Setelah air rendamannya dingin, tiriskan cobek. Keringkan kembali pakai kain lap bersih, cobek yang sudah bersih bisa langsung dipakai seperti biasa. Hasilnya juga sesuai ekspektasi, sama sekali tidak ada noda jamur yang tersisa di permukaan cobek.