kiamarket.com

komunitas kia farmasi indonesia

Tak perlu semprot parfum, ini trik menghilangkan bau sepatu, cukup 1 buah dapur

Sepatu Anda akan basah tanpa Anda sadari.

Pasalnya, peralatan yang sering digunakan berjam-jam saat bekerja menyebabkan timbulnya keringat di kaki yang menjadi sumber kelembapan. Selain itu, risiko sepatu basah lebih tinggi bila digunakan untuk tujuan olahraga. Banyak orang lebih suka mengoleskan parfum langsung ke bagian dalam sepatunya karena tidak tahu harus berbuat apa. Faktanya, cara ini hanya bisa digunakan untuk mengurangi bau tak sedap dalam waktu singkat, jadi waspadalah.

Cara mengusir bau apek sepatu.

Yang harus disiapkan yaitu teh celup bekas. Yup, inilah ampas dapur yang dimaksud untuk mempraktikkan trik bau apek dalam sepatu ini. Tapi, tiriskan dulu kantung teh celup tersebut apabila masih sangat basah sebelum digunakan.

Setelah itu, letakkan teh celup ke dalam sepatu. Biarkan selama seharian atau semalaman supaya kantong teh celup tersebut bisa menyerap bau apek sekaligus mengeluarkan aroma wangi.

Dilansir dari thehomemadeexperiment.com, kantong teh celup juga dapat bekerja untuk membunuh bakteri yang ada di dalam sepatu lembap, lho.


Wah, mulai sekarang nggak perlu bingung lagi gimana trik mengatasi sepatu bau apek, kan?

Fungsi lain teh celup bekas.

Teh celup bekas dapat memiliki beberapa fungsi yang kreatif dan bermanfaat, di antaranya.

1. Pupuk organik.Teh celup bekas bisa digunakan sebagai pupuk organik untuk tanaman. Kandungan nutrisi dalam teh seperti nitrogen, kalium, dan fosfor dapat memberikan nutrisi tambahan kepada tanaman kamu.

2. Pembersih alami.Teh celup bekas juga bisa digunakan sebagai pembersih alami untuk membersihkan permukaan kayu, kaca, atau logam. Senyawa tanin dalam teh dapat membantu menghilangkan noda dan memberikan kilau alami.

3. Aroma ruangan.Meletakkan teh celup bekas di wadah terbuka di dalam ruangan dapat memberikan aroma menyegarkan yang alami. Kamu bisa mencoba campuran teh dengan rempah-rempah atau potongan buah untuk menciptakan aroma yang diinginkan.

4. Merawat tanaman.Teh celup bekas bisa digunakan untuk merawat tanaman, terutama tanaman asam seperti azalea, mawar, atau tanaman berdaun hijau. Siramkan air teh bekas ini ke tanah untuk memberikan nutrisi tambahan dan mengatur tingkat keasaman tanah.

5. Menyerap bau.Seperti yang kamu sebutkan sebelumnya, teh celup bekas dapat digunakan untuk menghilangkan bau tidak sedap, tidak hanya pada sepatu, tetapi juga di dalam lemari, kulkas, atau tempat-tempat lainnya.

6. Penghalau serangga.Teh celup bekas bisa digunakan sebagai penghalau serangga alami. Siramkan air teh bekas ke tanaman atau semprotkan langsung ke daerah yang sering dihinggapi serangga untuk menjauhkan mereka.

7. Kompos.Teh celup bekas dapat dicampurkan ke dalam tumpukan kompos untuk meningkatkan kandungan nutrisi dan membantu memecah bahan organik.Penggunaan teh celup bekas ini tidak hanya membantu dalam pengelolaan limbah, tetapi juga menghadirkan manfaat tambahan yang bermanfaat dalam berbagai aspek kehidupan sehari-hari.